Sebelum Membeli, Simak 5 Cara Memilih Makanan Kemasan Berikut Ini!

  • Whatsapp
Sebelum-Membeli-Simak-5-Cara-Memilih-Makanan-Kemasan-Berikut-Ini
Foto dari Canva Pro

Berjalannya waktu, kini semakin banyak makanan kemasan yang dijual di pasaran. Yang mana makanan kemasan ini semakin banyak diminati, selain lebih praktis juga memiliki rasa yang enak. Seperti halnya makanan kemasan Oyatsu yang saat ini mudah sekali didapatkan di pasaran. Sehingga untuk mendapatkan makanan kemasan yang memilih kandungan bergizi, tidak bisa sembarangan.

Mengingat makanan kemasan dapat disimpan sampai bertahun-tahun, sehingga penting sekali untuk memperhatikan komposisi bahan yang digunakan. Pasalnya jika memilih secara sembarangan tanpa memperhatikan beberapa hal sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Memilih Makanan Kemasan

Adapun berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan sebelum membeli makanan kemasan:

1. Cek Komposisi Bahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika makanan kemasan dapat bertahan hingga bulanan atau bertahun-tahun. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui apa saja komposisi bahan yang digunakan. Anda bisa mengecek komposisi bahan tersebut pada bagian belakang kemasan yang biasanya tertulis dengan jelas berapa kadarnya.

Selain itu penting juga untuk memastikan kemasan yang digunakan. Yang mana ada beberapa jenis kemasan yang biasa digunakan untuk makanan seperti toples kaca, pasti, styrofoam, kardus dan kaleng. Pastikan jika bahan-bahan tersebut tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh.

2. Cek Kondisi Kemasan

Tips selanjutnya yang penting sekali untuk diperhatikan dalam memilih makanan kemasan yaitu pastikan jika kondisi kemasan yang digunakan dalam keadaan baik. Pengecekan ini sangat disarankan untuk mengetahui apakah terdapat robekan atau kerusakan. Jika Anda menemui makanan dengan kemasan yang rusak, jangan sekali-kali memilihnya. Pasalnya kemasan yang rusak tentu saja berpengaruh terhadap makanan yang ada di dalamnya.

3. Lulus Uji BPOM

Jenis makanan apapun termasuk produk Oyatsu yang sudah lulus uji BPOM sangatlah aman untuk dikonsumsi. Maka dari itu saat membeli makanan kemasan pastikan terlebih dahulu mengecek BPOM-nya. Nomor BPOM ini biasanya akan tertulis dengan jelas di bagian kemasan.

Selain itu, lebih aman juga jika mengecek apakah makanan kemasan tersebut sudah memiliki label halal dari MUI. Terutama bagi yang beragama Islam, cek label halal pada produk sangatlah dianjurkan.

4. Cek Tanggal Kadaluarsa

Tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih makanan kemasan yaitu mengecek tanggal kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa ini bisa Anda lihat di bagian kemasan. Ada dua jenis penulisan masa kadaluarsa yang terdapat pada sebuah kemasan makanan yaitu best before dan tanggal expired.

Tanggal kadaluarsa ini penting sekali untuk diperhatikan. Pasalnya makanan yang sudah melewati batas tanggal kadaluarsa sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Bahkan, bisa juga menyebabkan berbagai penyakit.

5. Perhatikan Kandungan Gizi

Selain penting untuk memperhatikan komposisi bahan yang digunakan, penting juga untuk memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Adapun beberapa kandungan gizi yang biasanya terdapat pada makanan kemasan diantaranya protein, gula, lemak, karbohidrat dan masih banyak lagi.

Apalagi bagi Anda yang memiliki penyakit kronis yang harus menghindari beberapa asupan. Seperti halnya penderita diabetes yang tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Letak kandungan gizi pada makanan kemasan biasanya terletak berdekatan dengan komposisi bahan.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara cerdas memilih makanan kemasan yang aman untuk dikonsumsi, tidak ada alasan lagi untuk memilih makanan kemasan secara sembarangan. Oyatsu bisa jadi pilihan terbaik jika Anda ingin membeli makanan kemasan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *