Perangkat iPhone 5s Anda Mulai Lemot? Ini 6 Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Perangkat-iPhone-5s-Anda-Mulai-Lemot-Ini-6-Cara-Mengatasinya
Foto dari blibli.com

Pernah bertanya-tanya, kenapa iPhone 5s milik Anda saat ini sudah menurun sekali performanya? Padahal saat dulu pertama kali Anda membelinya, smartphone pabrikan Apple ini memiliki performa yang sangat baik. Karena alasan yang sama juga Anda memilih smartphone ini. Namun kenapa semakin lama performanya semakin menurun?

Salah satu alasannya karena iPhone Anda sudah terlalu lama dipakai. Varian iPhone generasi kelima ini pertama kali diluncurkan pada September 2013 lalu. Berarti sampai tahun ini, iPhone Anda sudah berumur 7 tahun. Maka jangan heran jika performanya saat ini sudah tidak sebaik dulu.

Read More

Mengatasi iPhone yang Mulai Lemot

Untungnya, performa iPhone yang menurun ini bisa Anda atasi dengan cara-cara yang mudah. Caranya bagaimana? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi iPhone 5s yang mulai lemot.

1. Hapus aplikasi yang jarang Anda gunakan

Yang pertama, hapus aplikasi yang jarang digunakan. Semakin banyak aplikasi yang tersimpan di smartphone, semakin berat kinerja ponsel Anda. Jika Anda jarang menggunakannya, lebih baik Anda menghapus aplikasi tersebut. Pertahankan aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan, seperti aplikasi chat, media sosial, dan mobile banking.

Termasuk juga aplikasi game. Meskipun Anda menggunakannya setiap hari sebagai hiburan atau mengisi waktu luang, lebih baik Anda menghapusnya. Game menjadi salah satu aplikasi yang memakan banyak memori.

2. Gunakan aplikasi bawaan dari Apple

Yang kedua, gunakan aplikasi bawaan dari Apple. Ada beberapa aplikasi bawaan yang memang dirancang khusus untuk bekerja di smartphone ini. Meskipun Anda tidak terlalu menyukainya, lebih baik Anda tetap menggunakan aplikasi ini daripada mengunduh aplikasi lainnya yang serupa.

Kenapa? Aplikasi bawaan dari Apple sudah disesuaikan dengan perangkat iPhone 5s yang Anda miliki. Jika Anda ingin meningkatkan performa iPhone, cara ini sangat layak Anda coba.

3. Matikan fitur Siri

Yang ketiga, matikan fitur Siri. Mungkin Anda terbiasa dengan kehadiran Siri karena kehadirannya sangat membantu Anda. Sayangnya, Siri membuat performa iPhone jadi menurun. Untuk membuat performa smartphone Anda kembali baik, Anda bisa mematikan fitur ini lewat pengaturan.

4. Matikan background App

Yang keempat, matikan background App. Ada beberapa aplikasi yang masih tetap berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak sedang menggunakannya. Aplikasi-aplikasi inilah yang membuat kinerja iPhone Anda semakin berat.

Selain itu, background App yang aktif ini juga bisa menguras baterai ponsel dan juga kuota internet Anda. Tenang, Anda bisa mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang ini.

Anda bisa mematikannya melalui menu Pengaturan atau Setting. Masuk ke bagian General. Pilih Background App Refresh dan matikan izin aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Matikan fitur update otomatis

Yang kelima, matikan fitur update otomatis. Jika fitur ini dinyalakan, aplikasi yang ada di iPhone 5s Anda akan selalu diperbaharui secara otomatis. Padahal pembaruan aplikasi ini akan memakan lebih banyak memori. Untuk itu, sebaiknya Anda mematikan fitur ini demi menjaga performa iPhone yang lebih baik.

6. Reset iPhone Anda

Yang keenam, reset iPhone Anda. Jika Anda sudah mencoba banyak cara namun kinerja iPhone Anda tetap tidak ada perubahan, cara terakhir adalah dengan melakukan reset. Namun sebelumnya, back up seluruh data Anda agar tidak hilang.

Nah, itulah 6 tips mengatasi iPhone 5s Anda yang mulai lemot. Cara ini juga bisa Anda terapkan di perangkat iPhone lainnya yang Anda miliki. Anda bisa mencoba keenam cara tersebut untuk mengetahui cara yang paling ampuh untuk perangkat Anda. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *