Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Anak untuk Cegah Corona

  • Whatsapp
Cara-Menjaga-Kekebalan-Tubuh-Anak-untuk-Cegah-Corona
Foto dari Canva Photos Unlimited

Dengan adanya wabah corona yang telah menginfeksi ratusan ribu orang yang tersebar diseluruh dunia membuat seseorang harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan. Tidak hanya bagi orang dewasa, anak-anak juga perlu menjaga sistem kekebalan tubuhnya supaya terhindar dari patogen berbahaya. Untuk membantu anak menjaga sistem imunitasnya dengan mengajak anak berolahraga secara rutin, olahraga akan meningkatkan sel untuk membunuh kuman pada tubuh dan secara otomatis tubuh akan lebih kuat menangkal berbagai serangan penyakit namun jangan pilih olahraga yang terlalu berat untuk anak.

Selain itu, untuk meningkatkan kekebalan tubuh sebaiknya memberikan ASI eksklusif karena ASI memiliki komponen baik untuk sel darah putih dan antibodi. Pemberian ASI dapat mencegah penyakit infeksi telinga, pneumonia, alergi hingga terjadinya sindrom kematian mendadak yang perlu dilakukan adalah 6 bulan dan setidaknya 2 hingga 3 bulan. Orangtua juga perlu mengajarkan anak untuk mengonsumsi sayur dan buah dengan kandungan vitamin C yang telah terpercaya dapat melawan virus yang masuk pada tubuh. Buah dan sayur memiliki kandungan fitonutrein yang akan menghasilkan interferon dan sel darah putih dan sesuaikan porsi makanannya dengan usia anak dan tetap jaga kestabilan berat badan anak.

Banyaknya kasus corona membuat orangtua harus mengenalkan anak mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sehingga akan membantu anak terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sebaiknya anak juga diajarkan untuk tetap sikat gigi karena akan menyebabkan infeksi penyebab berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia. Orangtua juga perlu memastikan anak mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur dengan baik. Kurang tidur akan menyebabkan sel penangkal penyakit berkurang dalam tubuh dan menyebabkan penyakit ringan hingga kanker. Orangtua juga harus memastikan anak jauh dari paparan asap rokok, asap rokok memiliki dampak negatif untuk anak karena rokok memiliki 4000 toksin.

Makanan untuk menambah daya tahan tubuh pada anak maka berikan bayam untuk vitamin A dan E yang memberikan nilai zat besi dan nutrisi yang baik bagi anak sehingga akan mengurangi resiko anemia. Sayuran sehat bayam memiliki beta karoten sehingga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan melawan berbagai infeksi pada tubuh. Brokoli yang dapat merangsang kekebalan tubuh terutama anak-anak, memasok mineral dan vitamin yang membantu dalam menangkal kerusakan pada sel anak yang memiliki vitamin A, C serta E dengan molekul antioksidan.

Sama halnya dengan orang dewasa, buah citrus juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak serta membersihkan tubuh anak dari berbagai racun. Kacang almond yang memiliki vitamin E dengan peran penting untuk mengunci sistem imunitas tubuh. Seperempat cangkir yang berisikan kacang almond memiliki kandungan vitamin B, niacin, riboflavin yang akan mempertahankan sistem tubuh dengan baik. Yogurt rendah lemak akan membantu probiotik dapat mengisi bakteri baik pada tubuh anak dan meningkatkan regulasi daya tahan tubuh dari vitamin D.

Selain makanan, anak juga dapat diberikan cemilan sehat untuk imunitas tubuh seperti kuaci yang memiliki vitamin E. berdasarkan jurnal kesehatan menunjukkan bahwa vitamin E dalam kuaci akan melawan berbagai radikal bebas yang akan merusak sel pada tubuh. Ubi rebus dengan kandungan vitamin A yang akan menjaga kadar darah dan imunitas pada lapisan usus, ubi ini dapat menjadi makanan ringan jika kekurangan vitamin A. Beberapa makanan dan cemilan ini baik untuk menjaga anak dari wabah corona.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *