5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Ingin Membeli Ponsel Pintar Baru

  • Whatsapp
5-Hal-yang-Harus-Dipertimbangkan-Saat-Ingin-Membeli-Ponsel-Pintar-Baru
Foto dari realme

Membeli handphone baru merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menimbulkan dilema. Terutama jika Anda tidak terlalu mengetahui mengenai perkembangan teknologi handphone dan memiliki dana terbatas. Apalagi, saat ini banyak sekali brand handphone di tanah air, salah satunya Realme.

Perangkat teknologi berupa handphone memang bukan lagi barang mahal, karena sudah ada segmen entry-level dengan harga relatif murah dan menawarkan fitur sesuai untuk pengguna baru. Jadi, walaupun dana terbatas Anda akan bisa membeli handphone dengan spesifikasi bagus asalkan bisa memilih.

Read More

Masalahnya, banyak orang yang belum bisa memilih handphone dengan baik sehingga malah mengeluarkan dana besar untuk membeli ponsel pintar dengan spesifikasi standar. Selain itu, juga ada risiko memilih produk yang lekas rusak atau tidak memiliki garansi. Agar Anda tidak melakukan kesalahan demikian, ada cara untuk membeli handphone baru yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan.

5 Hal Harus Dipertimbangkan Kalau Ingin Beli Handphone

Membeli handphone baru akan menjadi kegiatan mudah apabila Anda mengetahui apa saja hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Agar bisa memilih handphone sesuai kebutuhan juga budget perhatikan 5 hal ini:

1. Cari Referensi Handphone yang Harganya Sesuai Budget

Langkah pertama adalah menentukan berapa dana untuk membeli handphone dan menentukan segmentasi ponsel sesuai harga tersebut. Untuk dana 1 juta ke bawah, maka segmen yang sesuai adalah entry-level. Budget 1-3 juta bisa memilih mid-level. Untuk dana 3 juta hingga 6 juta, cari handphone pada segmen high-level. Jika dana Anda di atas 6 juta, maka pilihan segmen flagship bisa dibidik.

Setelah menentukan segmen yang diincar, Anda bisa membuat list produk handphone sesuai segmen tersebut. Setidaknya, kumpulkan 5 hingga 10 handphone yang Anda inginkan dan usahakan dari berbagai merek.

2. Perhatikan Trade-off

Apa itu trade-off? Yaitu istilah ekonomi dimana adanya peningkatan kualitas di bagian tertentu sebuah produk dengan pengurangan kualitas di bagian lain. Hal ini sering dilakukan produsen agar dapat menekan harga produksi sehingga bisa memberikan harga jual lebih murah pada konsumen.

Salah satu merek handphone yang menerapkan hal ini adalah Realme. Produk dari brand ini ada beraneka ragam. Satu produk memiliki keunggulan di kualitas kamera, tapi spesifikasi prosesor kurang. Sedangkan produk lain mementingkan aspek performa, tapi dari segi kamera kurang bagus.

Dari list yang Anda buat sebelumnya, tambahkan trade-off masing-masing produk sehingga bisa melihat keunggulan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda bisa menyingkirkan beberapa produk yang kurang sesuai dari daftar.

3. Baca Review

Mengetahui pendapat orang lain yang sudah menggunakan produk incaran Anda akan sangat bagus. Namun, carilah ulasan yang adil. Anda bisa mencarinya di portal teknologi atau video di Youtube.

4. Harus Ada Layanan Purnajual

Ini adalah aspek yang sering dilupakan oleh konsumen, padahal sangat penting untuk diperhatikan. Layanan purna jual berupa masa garansi, layanan perbaikan, juga layanan update software. Pastikan produk yang Anda beli memiliki layanan purnajual terbaik.

5. Brand

Merek atau brand juga harus menjadi pertimbangan Anda ketika akan membeli. Sebaiknya, Anda membeli produk dari merek yang sudah terpercaya. Sebab sudah terbukti memiliki kualitas produk dan layanan terbaik. Boleh-boleh saja membeli merek baru, tapi harus telusuri dahulu bagaimana kualitas dan layanan yang diberikan.

Ada banyak pilihan handphone di pasaran saat ini. Jika Anda tidak pandai memilih, maka tidak akan mendapatkan produk terbaik. Salah satu brand handphone yang bisa dijadikan pertimbangan adalah Realme, berbagai pilihan produk tersedia dengan rentang harga sesuai untuk ekonomi menengah ke atas. Hal yang paling penting adalah jaminan kualitas produk dan layanan purnajual tersedia untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *