5 Cara Tepat Merawat Baju Berbahan Jeans agar Selalu Awet

  • Whatsapp
5-Cara-Tepat-Merawat-Baju-Berbahan-Jeans-agar-Selalu-Awet
Foto dari Canva Pro

Baju berbahan jeans memang bisa jadi andalan untuk dipakai sehari-hari. Namun, perawatan baju jeans juga harus dilakukan secara tepat agar selalu awet. Terutama untuk jenis baju jeans yang berkualitas seperti keluaran dari brand Denm. Jika dirawat dengan tepat pasti kualitasnya terjaga dan membuat penggunanya merasa lebih nyaman

Merawat Jeans

Perawatan baju berbahan jeans sebenarnya tidak sulit. Hanya saja memang dibutuhkan effort lebih untuk menjaga kualitas jeans tersebut. Berikut ini adalah 5 cara yang tepat dilakukan untuk baju berbahan jeans yang Anda miliki:

1. Jangan Dicuci Setiap Hari

Tidak seperti jenis baju lainnya, baju berbahan jeans disarankan untuk tidak dicuci setiap hari karena bisa merusak kualitasnya. Frekuensi pencucian jeans yang terlalu sering akan membuat kualitas bahan menurun. Selain itu warna asli jeans juga lebih mudah pudar apabila terlalu sering dicuci.

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci jeans? Jeans bisa dicuci setelah 4 sampai 6 kali pemakaian. Tak perlu dicuci sekali pakai asalkan pemakaiannya terhitung wajar dan tidak terkena noda-noda yang membandel. Selama digunakan untuk beraktivitas normal maka jeans bisa dicuci setelah dipakai berulang kali.

2. Cuci dengan Air Dingin

Pencucian baju berbahan jeans disarankan memakai air dingin. Air yang bersuhu rendah atau dingin bisa membantu mempercepat proses pencucian. Air dingin diketahui bisa meluruhkan kotoran yang menempel pada jeans. Bahkan banyak juga yang merendam jeans dengan es batu terlebih dahulu.

Selain memakai air dingin, Anda juga disarankan merendam jeans dengan larutan air garam. Larutan air garam ini sangat efektif untuk fiksasi warna pada jeans. Dengan begitu warna pada jeans bisa bertahan lebih awet meskipun digunakan dan dicuci berulang kali.

3. Hindari Pemutih

Sangat tidak disarankan mencuci baju berbahan jeans dengan memakai pemutih. Bahan pemutih bisa merusak kualitas warna jeans sehingga akan terlihat lusuh atau tidak baru lagi. Tentu sangat disayangkan jika warna jeans rusak padahal baru beberapa kali pemakaian.

Terutama saat Anda membeli baju berbahan jeans dari Denm. Kualitas bahan dan warnanya sangat baik sehingga harus dijaga seoptimal mungkin. Pastikan proses pencuciannya tepat dan jangan menggunakan bahan pemutih apapun demi memastikan kualitasnya selalu terjaga.

4. Cuci secara Manual

Pencucian jeans sebaiknya memakai tangan saja tidak menggunakan mesin. Pencucian dengan mesin justru bisa merusak kualitas jeans dan menurunkan kualitas warnanya. Lebih baik cuci jeans dengan tangan saja meskipun memang membutuhkan energi yang lebih besar.

Selain itu pemakaian sikat juga tidak disarankan karena bisa merusak kualitas bahan. Proses pengeringan juga sebaiknya dilakukan secara manual. Tidak disarankan untuk mengeringkan jeans memakai mesin karena bisa merusak kualitas bahannya. Memang prosesnya lebih berat namun sepadan dengan kualitas jeans yang akan terus terjaga dan awet seperti baru.

5. Jangan Dijemur Langsung

Setelah selesai dicuci, jangan jemur jeans di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran di bawah sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan warna asli jeans memudar. Lebih disarankan untuk menjemur jeans di tempat yang lebih teduh. Meskipun membutuhkan waktu lama untuk kering namun kualitas warna jeans bisa terjaga dengan baik.

Itulah tadi 5 cara tepat merawat baju berbahan jeans. Anda bisa membeli produk baju berbahan jeans berkualitas terbaik dari brand Denm. Pastikan untuk memilih produk jeans yang berkualitas sehingga perawatannya lebih mudah dan lebih awet untuk digunakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *