4 Manfaat Tinta Cumi bagi Kesehatan

  • Whatsapp
4-Manfaat-Tinta-Cumi-bagi-Kesehatan
Foto dari Canva Pro

Siapa yang menyangka ternyata daging cumi selain lezat dan kaya vitamin, namun tintanya juga berkhasiat. Tak hanya sebagai penambah selera makan dan warna, manfaat tinta cumi bagi kesehatan juga bisa Anda dapatkan.

Kandungan Nutrisi pada Tinta Cumi

Siapa yang menyangka bahwa tinta cumi ternyata kaya akan mineral dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya ialah asam glutamat, tyrosinase, dopamine hingga asam amino.

Selain itu, berkat kandungan nutrisi tersebut, tinta  cumi juga bisa melawan dan menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya. Berikut ini manfaat tinta pada cumi untuk kesehatan.

1. Melawan Kanker

Menurut penelitian, tinta cumi ternyata memiliki kandungan atau sifat yang bisa digunakan untuk melawan kanker. Kandungan antioksidan di dalam tinta mampu menahan dan menghentikan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Mulai dari kanker payudara, paru-paru hingga kanker prostat.

2. Memperkuat Imun

Selain menghentikan penyebaran sel kanker, kandungan antioksidan dalam tinta cumi juga berguna untuk meningkatkan imunitas serta kekebalan tubuh. Antioksidan ini berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel darah putih pada tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit dan terhindar dari bakteri-bakteri jahat yang menyerang tubuh.

3. Punya Zat Besi yang Tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Food Science pada tahun 2008, ditemukan bahwa tinta cumi ini mampu menghindarkan diri dari anemia atau kekurangan zat besi pada tubuh.

Dengan mengonsumsi tinta cumi dengan porsi yang baik dan benar maka akan meningkatkan sel darah merah serta hemoglobin pada tubuh. Selain itu, tinta cumi juga berkhasiat sebagai sumber zat besi pada tubuh. Seperti yang diketahui bahwa zat besi adalah mineral yang penting untuk membantu penyebaran oksigen pada tubuh.

4. Pengganti Micin atau Moto

Manfaat tinta cumi lainnya ialah tinta cumi punya asam glutamat tinggi sehingga rasa yang dihasilkan mirip dengan micin atau bumbu penyedap makanan. Sehingga bisa Anda gunakan sebagai pengganti penyedap rasa yang lebih alami dan sehat. Tentu ini menjadi alternatif yang baik untuk Anda saat ingin memasak masakan yang sehat dan bergizi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *